Senin, 19 Maret 2012

Hipnoterapi Untuk Anak


Hipnoterapi Untuk Anak :Dalam artikel ini kami menyajikan tips bagi orang tua untuk "mengatasi anak" yang rewel. Anak rewel terkadang mengakibatkan "susah makan",gampang emosi, sering menangis.
Sebagai orang tua, kita kadang-kadang atau malah sering dibuat kalang kabut oleh ulah si kecil yang suka rewel. Ada anak yang apabila rewel menangis keras-keras dan suaranya memenuhi seisi rumah. Bagi orang tua baru tentu sangat membingungkan bagaimana cara mengatasinya.Tidaklah baik apabila mengatasi anak yang sedang rewel dengan dimarahi ataupun ditakut-takuti. Hak ini akan membawa dampak psikologis dan membuat trauma anak.Metode yang terbaik tentu agar anak berhenti menangis dengan menggunakan cara-cara yang memberdayakan anak. Sekali lagi bagi keluarga baru hal ini bukanlah pekerjaan mudah karena faktor pengetahuan dan pengalaman. Namun bagi orang tua kita atau kakek nenek kita bukanlah sesuatu hal yang sulit. Mereka jauh lebih berpengalaman dalam hal ini.
Ada beberapa sebab mengapa anak kecil rewel, yang paling pasti adalah saat anak sedang tidak enak badan aleas sedang sakit. Penyebab yang lain adalah gangguan emosionalnya misalnya diganggu kakaknya, menginginkan sesuatu tidak terpenuhi, intinya sedang sedih atau sedang marah. Jangan salah  ya.... anak kecil juga bisa galau. Lalu bagaimana caranya  mengatasi anak yang sedang rewel? ini dia tipsnya:
1.      Apabila anak menangis maka bujuklah anak dengan lembut untuk pindah dari tempat semula dia menangis ke tempat lain. Dengan dia pindah tempat maka akan terjadi perbedaan situasi dari tempat yang sedih ke tempat baru yanng lebih menyenangkan atau minimal netral. Biarkan anak duduk dipangkuan Anda sambil punggungnya di usap dengan halus sampai dia terdiam.Ini akan mempermudah Anda saat anak rewel di lain waktu menenangkannya, usapan lembut sebagai pemicu yang menenangkan. Usapan yang lembut akan memicu endorfin yang dapat mengurangi rasa sakit. Arahkan pandangan mata kearah atas atau benda-benda lain yang disukai anak kecil. Dengan mengarahkan pandangan kearah lain maka kita juga mengarahkan pikiran anak ke hal lain sehingga anak tidak fokus kepada kesedihanannya.
2.      Anda bisa juga mengajak anak untuk diajak berjalan sambil melihat obyek lain yang ada disekitar Anda. Misalnya melihat bintang dilangit, melihat cicak di dinding atau hal-hal lain yang menarik perhatian anak kecil. Sulit bagi anak untuk menangis bila kepalanya menghadap keatas, sehingga dia akan berhenti menangis. Anda bisa sambil bercerita hal-hal yang Anda tunjukkan dan disukai anak, sehingga anak melupakan kesedihannya. Berikan juga kalimat-kalimat yang menguatkan hatinya dan menenangkan.
3.      Memberikan makanan ke anak agar anak tidak rewel belum tentu baik karena belum tantu ia menangis karena lapar. Bila anak rewel kemudian diberikan makanan maka akan berdampak dikemudian hari bila nanti ia stress akan cenderung makan.Hal seperti ini akan menyebabkan seseorang nantinya kelebihan berat badan dan menimbulkan masalah baru.
4.      Hal penting adalah bila memang suhu tubuh anak terasa panas atau dingin Anda bisa membawa ke dokter anak, agar mendapatkan perawatan yang lebih intensif.
Bagi para keluarga baru semoga tulisan ini bermanfaat, selamat mencoba.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar